VISI & MISI MADRASAH
A. Visi Madrasah
Visi Madrasah
Tsanawiyah Al Hidayah Citaringgul Babakanmadang Kabupaten Bogor adalah ”Terwujudnya Peserta Didik yang Disiplin
dalam Belajar dan Berkarya Menuju Prestasi Yang Unggul Didasari Iman dan Taqwa”.
Indikator Visi
Madrasah adalah sebagai berikut:
1. Terselenggara proses
pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan.
2. Menghasilkan
lulusan yang cerdas dan kompetitif.
3. Memiliki
keterampilan, kecakapan hidup sesuai dengan bakat dan minatnya.
4. Memiliki
sikap dan mental yang teguh dalam mengamalkan nilai-nilai agama Islam secara
benar dan konsekuen.
5.
Memiliki
sikap dan mental disiplin, tanggung jawab, dan visioner.
B. Misi
Sekolah
Misi MTs Al Hidayaha Citaringgul Babakanmadang Kabupaten Bogor adalah:
1.
Menyelenggarakan
pendidikan yang berkualitas baik bidang IMTAQ maupun IPTEK mulai tahun
pelajaran 2023-2024 dengan mewujudkan:
a.
lingkungan
yang bersih, asri, nyaman serta agamis;
b.
PBM yang
berotientasi pada Student Active Learning dan pembinaan
ekstrakurikuler.
c.
Pemberdayaan
masjid sebagai Laboratorium Keagamaan, pembiasaan sholat berjamaah serta sholat
sunnah, tartil Alqur'an, ucapan kalimat Toyyibah dan perilaku sopan.
d.
Bekerjasama
dengan Komite Madrasah, menjalin hubungan baik dengan masyarakat sebagai
perwujudan Managemen Berbasis Madrasah .
2. Mendidik
siswa agar memiliki ilmu pengetahuan yang luas dengan dilandasi keimanan dan
ketaqwaan.
3. Membina siswa agar berakhlakul karimah.
C. Tujuan Madrasah
Adapun tujuan Pendidikan
Dasar, yaitu meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian,
akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan
lebih lanjut.
1.
Mengamalkan
ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja.
2.
Memahami
kekurangan dan kelebihan diri sendiri.
3.
Menunjukkan
sikap percaya diri.
4.
Mematuhi
aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang lebih luas.
5.
Menghargai
keberagaman agama, budaya, suku, rasa, dan golongan sosial ekonomi dalam
lingkup nasional.
6.
Mencari
dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara
logis, kritis, dan kreatif.
7.
Menujukkan
kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif.
8.
Menunjukkan
kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
9.
Menunjukkan
kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
10.
Mendeskripsi
gejala alam dan sosial.
11.
Memanfaatkan
lingkungan secara bertanggung jawab.
12.
Menerapkan
nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
13.
Menghargai
karya seni dan budaya nasional.
14.
Menghargai
tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya.
15.
Menerapkan
hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang.
16.
Berkomunikasi
dan berinteraksi secara efektif dan santun.
17.
Memahami
hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
18.
Menghargai
adanya perbedaan pendapat.
19.
Menunjukkan
kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana.
20.
Menunjukkan
keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa indonesia
dan bahasa inggris sederhana.
21.
Menguasai
pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah.
Secara umum tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar-dasar
keilmuan, kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia dan keterampilan
untuk hidup mandiri, yang merupakan bekal mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Bertolak dari tujuan umum pendidikan dasar ini, Madrasah Tsanawiyah
Al Hidayah Citaringgul Babakanmadang Kabupaten Bogor menetapkan tujuan
pendidikan, yaitu:
a. Madrasah memiliki nilai rata-rata ketuntasan setiap mata pelajaan
sebesar 85%.
a. Madrasah memiliki rata-rata peningkatan nilai UM sesuai dengan KKM tunggal yang
ditetapkan pada satuan pendidikan
b.
Madrasah
menjadi Juara Tingkat Kabupaten pada kejuaraan KSM, MYRES, MTQ, mengikuti kegiatan
kepramukaan dari tingkat Kwartir ranting sampai kwartir Nasional, Kegiatan PMR,
Mengikuti lomba-lomba bidang seni, Marawis, Rohis, Degung dan Bina Vokal, serta
berbagai kegiatan olah raga seperti Karate dan Futsal.
c.
Madrasah
memiliki sarana dan prasarana ibadah, olah raga yang memadai.
d.
Madrasah
memiliki rata-rata kehadiran tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sebesar
98%.
e.
Terwujudnya
kedisiplinan peserta didik.
f. Terwujudnya budaya prestasi dan profesional.
Upaya-Upaya Yang Ditempuh Dalam
Mencapai Tujuan:
1. Mengefektifkan
kegiatan pembelajaran.
2. Bimbingan intensif
dalam kegiatan belajar dan kegiatan praktikum, mata pelajaran Agama dan mata
pelajaran umum.
3. Pemantauan dan
pelaporan secara rutin oleh wali kelas, guru mata pelajaran dan guru BK.
4. Memenuhi sarana
dan prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar (KBM) meliputi: perpustakaan,
lapangan olah raga, musholla, atal-alat peraga yang dapat menunjang KBM,
multi-media, laboratorium IPA, laboratorium komputer, Pendalaman materi,
melalui kegiatan Pengayaan untuk mata pelajaran: Matematika, IPA, Bahasa
Inggris, bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan BTQ, mulai dari kelas VII sampai
dengan kelas IX.
5. Mengintensifkan
bimbingan klasikal dan bimbingan individu siswa oleh wali kelas dan guru BK,
berkoordinasi dengan semua guru mata pelajaran dan orang tua/wali murid,
melalui kegiatan home visit terutama
bagi peserta didik bermasalah.
6. Mengintensifkan
pembinaan peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler
7.
Pembinaan
secara intensif terhadap tenaga pendidik dan kependidkan tentang kebijakan
madrasah dalam upaya peningkatan mutu madrasah.
8.
Sosialisasi
dan implementasi tentang kebijakan-kebijakan pemerintah mengenai pendidikan.
9.
Peningkatan
SDM dengan cara mengikut-sertakan guru dalam kegiatan MGMP, pelatihan, seminar,
work shop dan lokakarya.
Kepala Madrasah,
![]() |
Drs. RH. Tedi Muhtadin |
Komentar
Posting Komentar